skip to Main Content
PENTINGNYA KELENGKAPAN DESAIN GAMBAR KERJA

PENTINGNYA KELENGKAPAN DESAIN GAMBAR KERJA

Mengapa sangat Pentingnya Kelengkapan Desain Gambar Kerja ?

Kelengkapan Desain Gambar Kerja ibarat sebuah peta dalam perjalanan proses pasti butuh petunjuk dan arahan, begitupun dengan gambar kerja yaitu sebagai petunjuk dalam proses progress pekerjaan rancang bangun terutama rumah tinggal maupun dalam lingkup kawasan. Terdapat banyak keuntungan jika merencakan pembangunan dengan kelengkapan jasa desain gambar kerja secara detail yaitu menghindari kerugian yang tidak terduga.

Dalam sebuah paket desain yang lengkap bagi seorang arsitek rumah tinggal akan terdapat :

1. Terdapat gambar detail arsitektur yang lengkap sehingga pelaksana dapat dengan mudah dan cepat menterjemahkan gambar ke dalam wujud bangunan. Segala bentuk dan dimensi bangunan tergambar dengan jelas. Efeknya adalah kepada ketepatan waktu pelakasanaan dan hasilnya benar-benar sesuai dengan keinginan anda.

2. Terdapat gambar jalur instalasi listrik, air bersih, air kotor, dan telkom. Semua instalasi sudah direncanakan dengan baik sehingga tidak ada lagi kebingungan menentukan jumlah armatur ataupun jalur distribusinya. Efektif, tanpa bongkar pasang, dan rapih.

3. Terdapat pula gambar struktur hasil perhitungan sturuktur yang akurat sehingga dimensi kolom dan balok struktur juga jumlah besi beton yang digunakan bukan hasil “kira-kira” atau hasil “tembak dilapangan dengan factor keamanan maksimal, sehingga jadi boros”, tetapi merupakan hasil perhitungan dengan ilmu pasti, sehingga dimensi dan kebutuhan beton serta besi beton memang sesuai dengan beban yang dipikulnya. Apa yang akan terjadi apabila struktur dilaksanakan tanpa perhitungan atau “dikira-kira oleh mandor”, apabila terjadi kekurangan akan sangat berbahaya sekali, tetapi jika dibuat sangat aman akan sangat boros sekali.

Bayangkan berapa nilai Rupiah yang hilang akibat terbuangnya volume beton serta ratusan kilo besi yang berlebihan akibat “kira-kira”, nilainya pasti jauh lebih besar dari biaya desain perhitungan struktur itu sendiri, mengingat bobot pekerjaan struktur adalah 50% dari total biaya bangunan, ditambah lagi harga semen dan besi beton yang semakin mahal.

Apakah anda akan “gambling” dengan investasi seumur hidup anda?

4. Terakhir, yang tidak kalah pentingnya, dalam desain yang lengkap terdapat perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan, lengkap disertai Bill of Quantity atau kebutuhan pemakaian bahan bangunan. Di sini anda bisa mengoptimalkan budget pembangunan dengan membeli kebutuhan material sesuai hasil perhitungan. Berapa sak semen, berapa m3 pasir, berapa jumlah batu bata, dll. Ini akan sangat membantu sekali dalam memanage atau mengontrol pengeluaran biaya oleh pelaksana anda. Sehingga pengeluaran financial apapun yang diajukan pelaksana pembangunan anda berada di bawah kendali anda, dan anda “tidak akan kebobolan”.

Jadi kesimpulan, mengapa perlu arsitek dengan desain yang lengkap?

Jawabannya sederhana, desain yang lengkap akan menghasilkan proses pembangunan yang lancar, tanpa masalah yang berarti, tepat waktu, tanpa konflik non teknis dari sisi pemahaman desain, tanpa bongkar pasang, dan sangat-sangat menghemat biaya.

Besarnya biaya desain yang dikeluarkan tidak ada apa-apanya dibandingkan kerugian yang akan terjadi apabila membangun tanpa petunjuk yang lengkap.

Atau positifnya, besarnya biaya desain untuk arsitek rumah tinggal yang dikeluarkan jauh lebih kecil dibanding dengan efisiensi yang didapat, baik dari segi finansial, tenaga, waktu, dan hubungan antar personel di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top